Breaking News

Pj. Wali Kota Ambon Terima Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi dari BPIP

Ambon, CahayaLensa.com - Pj. Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, menerima duplikat Bendera Pusaka dan salinan teks Proklamasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Balai Samudera Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (7/8/24).

Kaya menjelaskan bahwa penerimaan duplikat Bendera Pusaka ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51/2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Selain bendera, pihaknya juga menerima salinan teks Proklamasi dan buku panduan untuk bahan pembelajaran di sekolah-sekolah.

"Duplikat bendera dan teks proklamasi ini akan digunakan dalam upacara kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang di lingkungan Pemerintah Kota Ambon," ujar Kaya. Ia menambahkan bahwa bendera dan teks proklamasi akan dikibarkan dan dibacakan di berbagai daerah, termasuk Kota Ambon.

Kaya juga menuturkan bahwa pendistribusian duplikat bendera dan teks proklamasi akan diserahkan kepada pejabat definitif yang terpilih setelah Pilkada 2024. Bendera ini diharapkan dapat digunakan hingga 10 tahun ke depan dan akan diserahterimakan bersama memori jabatan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, yang turut hadir dalam penyerahan, menekankan pentingnya sosialisasi ideologi Pancasila hingga ke tingkat desa. "Pancasila bukan hanya untuk dihafal tetapi harus diamalkan. Duplikat bendera, teks proklamasi, pidato 1 Juni, dan buku teks utama Pancasila harus disosialisasikan dari pusat hingga daerah," tandasnya.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota Ambon dalam kegiatan ini adalah Kepala Badan Kesbangpol Kota Ambon, Aldrin Parinussa, dan salah satu purna paskibraka Kota Ambon. 

Tidak ada komentar