Breaking News

Penjabat Bupati Maluku Tengah Lakukan Groundbreaking SPAM dan Launching Program PAMSIMAS di Kelurahan Holo


Masohi, CahayaLensa.com - 
Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, meresmikan groundbreaking pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sekaligus meluncurkan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Kelurahan Holo, Kecamatan Amahai, pada Rabu (31/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pengelolaan dan pelayanan air bersih yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, kontinuitas, serta keterjangkauan bagi masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Maluku Tengah, tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, perwakilan Kementerian Agama, Muspicam, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Sahubawa menyampaikan apresiasinya atas usaha bersama masyarakat dan dinas terkait dalam mewujudkan pengadaan air bersih berbasis masyarakat. Ia menegaskan bahwa PAMSIMAS merupakan contoh pemberdayaan masyarakat yang memiliki tujuan utama untuk menyediakan air bersih di wilayah yang sulit terjangkau.

Program ini, kata Sahubawa, merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menjawab tantangan seperti stunting serta memastikan ketersediaan air bersih di daerah pedesaan. Selain itu, PAMSIMAS mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dengan memastikan akses air minum dan sanitasi yang aman dan berkelanjutan.

Pemerintah menargetkan 90% akses sanitasi layak, termasuk 15% rumah tangga memiliki akses sanitasi aman, serta penurunan angka buang air besar sembarangan (BABS) hingga 0% pada akhir tahun 2024. Sahubawa juga mengingatkan agar sarana air bersih yang telah dibangun dimanfaatkan dengan baik dan berfungsi berkelanjutan tanpa tumpang tindih dengan jaringan PDAM yang ada.

Melalui program ini, diharapkan tercapai peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah.(**)

Tidak ada komentar