Breaking News

Penanganan Konflik Sosial Pulau Haruku Selesai : Moeldoko Nyatakan Kesepakatan Tercapai dan Pengungsi Kembali

Masohi, CahayaLensa.com - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko mengumumkan bahwa penanganan konflik sosial di Pulau Haruku, Provinsi Maluku, telah berhasil diselesaikan. Konflik yang pecah pada akhir Januari 2022 antara warga desa Ori dan Kariuw disebabkan oleh sengketa lahan. Moeldoko menegaskan bahwa konflik ini bukan berbasis agama melainkan terkait masalah tapal batas dan tanah.

Dalam rapat koordinasi penutupan yang digelar pada 23 Juli 2024 di Gedung Bina Graha, Jakarta, Moeldoko menyampaikan bahwa seluruh pengungsi dari Desa Kariuw kini telah bisa kembali ke desa mereka. Ia juga mengimbau agar pengalaman buruk ini tidak terulang dan masyarakat tidak mudah terprovokasi.

Pemerintah akan melanjutkan upaya pemulihan, termasuk pembangunan rumah dan pemberdayaan masyarakat. Pj Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, mengonfirmasi bahwa kondisi di Pelauw-Kariu kini telah kondusif dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian konflik. (CL)

Tidak ada komentar