Breaking News

Pemkot Ambon dan LPPM Universitas Pattimura Susun Dokumen Masterplan Smart City 2025-2029


Ambon, CahayaLensa.com - 
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi), bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura, dalam penyusunan Dokumen Masterplan Smart City Kota Ambon untuk periode 2025-2029.

Sebagai langkah awal, diadakan "Rapat Koordinasi Dewan Smart City Sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Penyusunan Dokumen Masterplan Smart City Kota Ambon Periode 2025-2029," bertempat di Ruang Rapat Vlissingen, Kamis (29/8/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan arah kebijakan dan tata kelola Smart City, serta melakukan analisis kesenjangan kesiapan kota dalam implementasi Smart City.

Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Asisten I Sekretaris Kota, Selly Kalahatu, Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, menekankan pentingnya peningkatan enam dimensi Smart City yang dimiliki oleh Kota Ambon, yaitu: Smart Governance, Smart Economy, Smart Branding, Smart Society, Smart Living, dan Smart Environment. Beberapa program unggulan yang menjadi fokus utama dalam pengembangan Smart City ini antara lain pembangunan Command Center, Sound of Green, Mitigasi Tangguh Bencana, Pembangunan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah, Jiku Bata, dan Pengelolaan Bank Sampah.

Dari hasil evaluasi tahun 2023, Kota Ambon memperoleh indeks Smart City sebesar 2,87. Hal ini menunjukkan perlunya kolaborasi yang lebih erat di antara semua pihak yang berkepentingan untuk meningkatkan implementasi Smart City di masa mendatang.

"Strategi ke depan, Pemkot diharapkan tetap komitmen dan konsisten dalam penyelenggaraan Smart City. Melalui rapat koordinasi ini, semua pihak, termasuk Dewan Smart City, LPPM Universitas Pattimura, dan OPD terkait, dapat mengevaluasi program yang telah berjalan dan merencanakan langkah-langkah yang relevan untuk menjawab kebutuhan masyarakat," ujar Pj. Wali Kota melalui Kalahatu.

Apresiasi tinggi disampaikan kepada LPPM Universitas Pattimura yang telah bekerja sama dalam penyusunan dokumen masterplan Smart City. Plt. Kepala Diskominfosandi Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, juga menyatakan harapannya agar seluruh tahapan penyusunan masterplan dapat berjalan lancar sebagai hasil kerja sama dengan OPD teknis di lingkungan Pemkot.

"Kami sangat berharap semua OPD teknis yang terlibat dapat memberikan penguatan terhadap penyusunan dokumen masterplan sesuai dengan dimensi Smart City, guna mendukung dan mempermudah pelayanan publik, serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Ambon," kata Lekransy.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari Dewan Smart City, tim pelaksana Smart City, dan undangan lainnya. Keluaran dari bimbingan teknis ini adalah tersusunnya dokumen masterplan Smart City Kota Ambon yang terdiri dari empat buku, yaitu: Buku 1 yang memuat analisis strategi Smart City daerah, Buku 2 yang memuat masterplan Smart City daerah, Buku 3 yang memuat executive summary masterplan Smart City daerah, dan Buku 4 yang memuat program unggulan Smart City daerah. (**)

Tidak ada komentar