Breaking News

Pemkot Ambon Siap Laksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio pada 23 Juli 2024

Ambon, CahayaLensa.com -Pemerintah Kota Ambon akan melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak mulai 23 Juli 2024. Rapat konsolidasi untuk mematangkan pelaksanaan imunisasi ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dan dihadiri oleh Pj. Ketua Tim Penggerak PKK, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, kepala desa/raja/lurah, serta kepala sekolah, pada Jumat (12/7/2024) di ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota.

Dalam rapat tersebut, Pj. Wali Kota Kaya menekankan pentingnya sinergi semua pihak untuk menyukseskan PIN Polio. "Target imunisasi ini adalah anak usia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Imunisasi ini akan dilakukan di posyandu dan sekolah dasar (SD), terutama di kelas 1 dan mungkin juga di kelas 2," ungkap Kaya.

Rapat tersebut juga membahas pemutakhiran data anak-anak yang akan diimunisasi. Kaya mengungkapkan, meskipun data di puskesmas dan posyandu sudah siap, terdapat 51 sekolah yang belum memasukkan data, sehingga perlu upaya tambahan untuk mendapatkan data yang lengkap. "Kami perlu kerja keras untuk mendapatkan data ini agar Dinas Kesehatan dapat menyiapkan perencanaan yang tepat mengenai kebutuhan vaksin," tambahnya.

Pj. Wali Kota juga mengimbau kepada para orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam program ini dengan membawa anak-anak mereka untuk diimunisasi. "Penyakit polio tidak dapat disembuhkan dan dapat menyebabkan cacat seumur hidup. Imunisasi ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping, karena hanya diberikan dengan cara diteteskan ke mulut anak. Jadi, saya minta kerjasama orang tua untuk membawa anak-anak mereka untuk diimunisasi," tegas Kaya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, memaparkan target capaian PIN Polio 2024 di Kota Ambon adalah 95 persen, dengan estimasi jumlah anak yang akan diimunisasi sebanyak 47.309 anak.

"Program ini akan dicanangkan oleh Pj. Wali Kota pada tanggal 23 Juli di dua lokasi berbeda, yaitu di Kompleks SD P&K Jalan Pattimura dan di Puskesmas Desa Hunut/Durian Patah, Kecamatan Teluk Ambon," pungkas Pelupessy.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari semua pihak, diharapkan program PIN Polio ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar