Breaking News

Kendalikan Inflasi, Pemkot dan Pemkab Malteng Teken MoU


Ambon, CahayaLensa.com -
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama distribusi komoditas pangan. Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Pj. Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dan Pj. Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, pada Kamis (4/7/24) di Ruang Kerja Wali Kota, Balai Kota.

Pj. Wali Kota Ambon menjelaskan bahwa MoU ini bertujuan untuk pengendalian inflasi dengan salah satu strateginya menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota lain guna menjamin ketersediaan stok bahan pokok. “Pengendalian inflasi menjadi salah satu kinerja yang dievaluasi oleh Pemerintah Pusat terhadap para kepala daerah,” ujar Kaya.

Plt. Kabag Ekonomi dan SDA yang juga Sekretaris Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), A. Solsolay, yang turut menyaksikan penandatanganan MoU, mengonfirmasi bahwa inflasi di Kota Ambon masih tinggi, mencapai 4,49 persen pada bulan Juni 2024. “Inflasi ini menjadi hal penting, dan TPID beberapa kali rapat memutuskan perlunya kerjasama dengan kabupaten/kota yang surplus. Ini agar ketika Kota Ambon kekurangan komoditas pangan, dapat dipenuhi dari wilayah kabupaten/kota tersebut,” katanya.

Kerjasama ini mencakup sektor perikanan dan hortikultura, mengingat kondisi cuaca ekstrim yang melanda kota Ambon berdampak pada kenaikan harga komoditas seperti ikan dan sayur-sayuran. “Ini merupakan komitmen antara Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng. Selanjutnya, OPD teknis akan menindaklanjuti jika menemui kekurangan stok bahan pangan,” pungkas Solsolay.

Sebelumnya, MoU terkait kerjasama ini pernah diteken pada periode kepemimpinan Pj. Bodewin M. Wattimena, namun sudah kadaluarsa sehingga perlu diperbaharui.(**)

Tidak ada komentar