Breaking News

Ini Pesan Sekkot Ambon pada Pelantikan RT/RW di Desa Poka


Ambon, CahayaLensa.com -
Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, menegaskan bahwa RT dan RW merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah desa dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri pelantikan Ketua RT dan RW Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, masa bakti 2024-2029 yang digelar pada Jumat (19/7/2024) di Kantor Desa Poka.

Menurut Ririmasse, kepala desa tidak dapat bergerak sendiri dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, jajaran dalam pemerintahan desa, termasuk para ketua RT dan RW, memainkan peran penting dalam membantu kepala desa untuk memastikan semua pelayanan masyarakat dapat terpenuhi.

"Kedudukan RT/RW sebagai ujung tombak pemerintah sangat penting. Dalam tahun politik ini, saya mengingatkan agar para ketua RT/RW tidak melakukan intimidasi kepada warga untuk mendukung calon kepala daerah tertentu. Apabila ada calon yang masuk di daerah bapak/ibu, silakan saja sebagai bagian dari hak politiknya, namun jangan sampai ketua RT/RW turut melakukan intimidasi kepada warga," tegasnya.

Ririmasse juga mengingatkan para ketua RT/RW untuk menunjukkan kapasitas sebagai pemimpin yang baik. Ia berharap para ketua RT/RW dapat lebih memperhatikan kebutuhan warga dengan memberikan pelayanan yang baik dan terus berinovasi dalam melaksanakan program guna menarik partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"Sebagai pemimpin, ketua RT/RW harus tampil di depan ketika rakyat bermasalah atau sedang berduka, serta membantu dalam pengurusan administrasi kependudukan. Dengan begitu, masyarakat tahu bahwa pemerintah hadir ketika mereka mengalami kesusahan," tambahnya.

Ririmasse juga berharap, dengan adanya pelantikan dan bimbingan teknis (bimtek) ini, para ketua RT/RW dapat terus memiliki semangat dalam membantu kepala desa untuk memajukan wilayahnya

Tidak ada komentar