Breaking News

DLH Malteng Lakukan Pemangkasan Pohon di Masohi untuk Antisipasi Cuaca Ekstrem

Masohi, CahayaLensa.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melakukan pemangkasan (penopingan) ranting pohon pelindung di sejumlah ruas jalan utama di Kota Masohi pada Kamis, 11 Juli 2024.

Langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap potensi pohon tumbang, mengingat intensitas hujan yang cukup tinggi disertai angin kencang melanda wilayah Pulau Seram, khususnya Kota Masohi, dalam beberapa waktu terakhir.

Kepala DLH Kabupaten Maluku Tengah, Hengky Tomasoa, menjelaskan bahwa pemangkasan pohon ini dilakukan karena banyak pohon pelindung mengalami pelapukan pada batang dan akar, yang dapat membahayakan pengendara maupun pejalan kaki. Beberapa kejadian pohon tumbang saat hujan lebat di Kota Masohi telah mengakibatkan korban, sehingga tindakan preventif ini sangat diperlukan.

DLH Malteng telah memetakan wilayah-wilayah yang dinilai rawan pohon tumbang saat musim hujan, termasuk di ruas jalan depan Kantor DPRD Masohi hingga kawasan Lapangan Nusantara Masohi. Prioritas utama pemangkasan berada di tepian dan median jalan, serta ruang terbuka hijau (RTH) publik yang dikelola oleh pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat umum.

Prosedur pemangkasan dilakukan pada pohon yang sudah rindang dan lebat, sementara penopingan dilakukan jika pohon sudah terlalu tinggi. Penebangan dilakukan apabila pohon telah mati, keropos dengan tingkat pelapukan lebih dari 30 persen, atau jika pohon miring lebih dari 30 derajat.

Selain pemangkasan, DLH secara rutin memeriksa kondisi kesehatan pohon, mulai dari perakaran, kondisi batang, kemiringan, hingga kondisi tajuk. Hengky Tomasoa, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Infokom, juga mengimbau warga untuk memangkas ranting pohon besar di sekitar tempat tinggal mereka. Ia meminta masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon yang rimbun saat hujan disertai angin kencang. (**)

Tidak ada komentar