Breaking News

Desa Waru Turunkan Angka Stunting Signifikan, Pemkab Maluku Tengah Apresiasi

Masohi, CahayaLensa.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Waru, Kecamatan Teon Nila Serua (TNS), yang berhasil menurunkan jumlah kasus stunting dari 18 menjadi 8 anak dalam waktu sebulan. Capaian ini dianggap sangat signifikan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala DPPKB Abdul Latif Key menyebutkan bahwa Desa Waru mendapatkan perhatian khusus karena sebelumnya angka stunting di desa ini cukup tinggi. Berkat kerja keras dari pihak Kecamatan dan pendampingan dari DPPKB, angka stunting di Desa Waru berhasil ditekan dalam waktu singkat.

Latif juga mengapresiasi peran pimpinan kecamatan dan UPT dinas kesehatan di Kecamatan TNS. Pemkab Maluku Tengah kini memperluas sasaran penurunan stunting untuk lebih dari 1000 penerima manfaat di seluruh Posyandu di 18 Kecamatan. Saat ini, angka stunting di Maluku Tengah mencapai lebih dari 1000 anak atau 3.57 persen, dengan angka tertinggi di Kecamatan Amahai dan Seram Utara.

Untuk mencapai target penurunan stunting, pihaknya menerapkan tiga pendekatan, termasuk program Gerakan Anak Sehat Kolaborasi Inklusif Pengusaha Indonesia Atasi Stunting. Program ini meliputi penyediaan pangan berkualitas, edukasi melalui penyuluhan, dan kampanye publik untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan stunting. (**)

Tidak ada komentar