Breaking News

145 Jemaah Haji Maluku Tengah Tiba di Masohi, Dua Meninggal Dunia di Tanah Suci

Masohi, CahayaLensa.com - Sebanyak 145 jemaah haji asal Maluku Tengah yang menunaikan ibadah haji pada musim haji 1445 H telah tiba di Kota Masohi pada Selasa, 16 Juli 2024. Mereka tiba di Pelabuhan Ina Marina Masohi menggunakan kapal cepat Expres Cantika Torpedo sekitar pukul 11.50 WIT dan disambut oleh panitia haji setempat.

Setelah tiba, para jemaah haji langsung diarahkan menuju pelataran Masjid Agung Ibnu Abdullah untuk diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, yang kemudian menyerahkan mereka kepada keluarga masing-masing.

Humas Kementerian Agama Maluku Tengah, Zulkarnain, menjelaskan bahwa dari total 149 jemaah calon haji yang diberangkatkan, dua di antaranya, Gustiari Pawae dan Abdul Hamid Latuconsina, meninggal dunia di tanah suci. Sementara itu, satu jemaah haji lainnya, Hadija Ely, masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi, dan seorang lainnya tengah dirawat di Rumah Sakit dr. Leimena Ambon setelah tiba di Indonesia.

Zulkarnain, mewakili Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah, menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan dan mendoakan agar kedua almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Ia juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.

Sebelumnya, 149 calon jemaah haji Maluku Tengah berangkat menuju tanah suci pada Sabtu, 1 Juni 2024. Pelepasan dilakukan di Gedung Islamic Centre, Masjid Agung Ibnu Abdullah, Kota Masohi. Jemaah tersebut tergabung dalam Kloter 30 bersama jemaah haji dari Kabupaten Buru, Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur, dan Kepulauan Tanimbar. Mereka diberangkatkan dari Bandara Pattimura Ambon menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah suci. (**)

Tidak ada komentar