Breaking News

Pj Walikota Ambon Himbau Warga Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem dan Potensi Bencana

Ambon, CahayaLensa.com- Cuaca ekstrem, seperti hujan lebat dan angin kencang, saat ini melanda Kota Ambon dan sejumlah Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Maluku. Meskipun tanah longsor dan banjir sering terjadi di sana, tidak ada korban jiwa dalam bencana yang baru-baru ini terjadi. 

Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya, dari arena rapat kerja nasional (Rakernas) ke-XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2024 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur,  4 Juni 2024 memperhatikan hal ini. 

Kaya mengimbau warga Ambon untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana seperti lereng bukit/gunung, bantaran sungai/kali. 

Ia juga memerintahkan pejabat setempat untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan warga setempat serta mempersiapkan langkah-langkah mitigasi dan antisipasi bencana. Nomor kontak petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon juga telah disediakan untuk bantuan darurat. Kaya juga mengajak semua warga untuk berdoa agar kota Ambon terhindar dari bencana alam. 

Menurut data dari BPBD Kota Ambon, cuaca ekstrem pada Senin (3/6) menyebabkan bencana tanah longsor terjadi di enam titik pada empat kecamatan. Langkah-langkah antisipasi juga telah dilakukan untuk mencegah lebih banyak kerugian.

Tidak ada komentar