Breaking News

Membangun Ambon Sebagai Kota Smart City: Evaluasi Tahap Pertama


Ambon, CahayaLensa.com - 
Pemerintah Kota Ambon mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Smart City Tahap I melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) di ruang rapat Darwin, lantai II Gedung Balai Kota pada hari Selasa, 4 Juni 2024.

Ronald H. Lekransy, Plt. Kepala Diskominfo, menjelaskan bahwa rapat evaluasi Dewan Smart City merupakan bagian dari program rutin untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan yang tercakup dalam Masterplan Smart City Kota Ambon tahun berjalan.

"Tahun ini kita fokus mengevaluasi kegiatan Smart City tahun 2023, yang juga merupakan fase akhir dari pelaksanaan Masterplan 2019-2024," ujarnya.

Lekransy menyoroti tiga elemen utama dalam implementasi Smart City di Ambon, yaitu integrasi seluruh dimensi pelayanan, partisipasi aktif pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha, serta pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik untuk menciptakan kota yang aman, nyaman, dan lestari.

Rakor ini melibatkan berbagai OPD dan mitra teknis terkait, termasuk akademisi dan unsur penyusun Dokumen Masterplan Smart City. Turut hadir Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura, Prof. M. Salakory, serta Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronni Loppies.

Dalam rapat ini, dibahas berbagai dimensi Smart City seperti Smart Governance, Smart Branding, Smart Economic, Smart Society, dan Smart Environment, dengan melibatkan berbagai program dan kegiatan dari berbagai dinas seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, dan lainnya.

Rapat ini menjadi langkah strategis untuk memastikan Ambon terus maju sebagai kota pintar yang berdaya saing tinggi dan berorientasi pada kemajuan yang berkelanjutan.(**)

Tidak ada komentar