Breaking News

Sampaikan LKPJ Akhir Tahun 2023, Pj Bupati Sampaikan 5 Kebijakan Prioritas

Masohi, Cahaya lensa.com- Pj Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2023 kepada DPRD Maluku Tengah dalam rapat paripurna dewan, pekan lalu di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat.

Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Maluku Tengah, Herry Men Carl Haurissa dan Wakil Ketua Demianus Hattu.

Dalam penyampaiannya, Pj. Bupati Rakib Sahubawa, menyampaikan lima prioritas kebijakan Pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah 2023, meliputi penguatan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang adil dan merata, menigkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, meningkatkan kualitas nilai-nilai budaya lokal dalam kehidupan masyarakat dan daya rekat sosial, memperkuat infrastruktur serta meningkatkan pelayanan publik yang berkulitas dan transparan.

Sejalan dengan prioritas pembangunan tersebut pemerintah daerah telah menetapakan dan melaksanakan APBD tahun 2023 yaitu pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp1.8 trilyun dengan realisasi Rp 1.6 trilyun.

Sedangkan realisasi belanja APBD ditetapkan Rp 1.8 trilyun realisasinya mencapai Rp 1.6 trilyun.

Wakil Ketua Ketua DPRD Herry Men Carl Haurissa LKPJ merupakan dokumen yang wajib dipenuhi kepala daerah dan disampaikan dalam paripurna sesuai peraturan berlaku.

Dia berharap penyampaian LKPJ harus dibarengi dengan azas transparansi agar wakil rakyat di DPRD dapat mengetahui dan mengevaluasi kinerja Kepala Daerah.

Melalui pencermatan dan evaluasi pada LKPJ tersebut akan diidentifikasi permasalahan atau kendala yang dihadapi pemerintah kabupaten sehingga akan muncul rekomendasi-rekomendasi dari DPRD untuk pemkab.

Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan persidangan sehingga rekomendasi dapat diserahkan kepada pemerintah daerah untuk dapat ditindaklanjuti. (**)

Tidak ada komentar