Breaking News

Pj. Wali Kota Lepas 322 Jamaah Calon Haji Kota Ambon


Ambon, CahayaLensa.com -
Sebanyak 322 orang Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon diberangkatkan ke Saudi Arabia oleh Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya, pada Selasa (28/05/2024) di Gedung Asari, Al-Fatah Ambon.

Dalam sambutannya, Dominggus N. Kaya meminta agar JCH Kota Ambon dapat menjadi panutan dan teladan selama menjalankan ibadah, baik ketika masih di Indonesia maupun saat telah berada di Tanah Suci. "JCH asal kota Ambon agar menjadi panutan dan teladan diantara sesama jemaah dengan senantiasa menguataman Ukhuwah Islamiyah, dan mempererat tali persaudaraan; lain sayang lain, lain lia lain, dan lain kalesang lain, dengan disiplin dan patuh terhadap aturan serta bimbingan dari para petugas dan pendamping haji," ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, mengingat pelaksanaan Ibadah Haji membutuhkan fisik yang prima. "Perhatikan pola hidup bersih dan sehat, makan – minum teratur, serta istirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dengan baik," tambahnya.

Pj. Wali Kota menegaskan bahwa penyelenggaraan Ibadah Haji adalah kewajiban pemerintah secara berjenjang guna memastikan kelancaran pelaksanaannya. Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI Kota Ambon telah berpartisipasi memberikan dukungan dalam bentuk pelayanan kesehatan, manasik haji, fasilitasi pemberangkatan – kepulangan, pendampingan proses embarkasi – debarkasi, serta pemberian tambahan uang saku sebesar Rp 1.000.000 per orang kepada masing-masing JCH.

"Kami juga mengikutsertakan dua orang pendamping yang akan siap mendampingi dan melayani JCH langsung ke Tanah Suci hingga kembali ke tanah air," ungkap Kaya.

Ia berharap bahwa fasilitasi dan dukungan yang diberikan dapat meningkatkan kualitas ibadah Haji para JCH. Kaya juga menekankan bahwa semua bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Pemkot kepada JCH yang akan segera diberangkatkan ke Tanah Suci, bukan dinilai dari jumlahnya.

Turut hadir dalam pelepasan JCH Kota Ambon adalah Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisuta, Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmasse, Kepala Kantor Kemenag RI Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi, serta Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah, KH. R. R. Hassanusi.. (**)

Tidak ada komentar