Breaking News

Pj. Wali Kota Ambon Tinjau Lokasi Bekas Hunian Warga di Eks-Pasar Gambus


Ambon, CahayaLensa-com -
 Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, bersama pimpinan OPD terkait, meninjau lokasi pembersihan bekas hunian warga di Eks-Pasar Gambus pada Rabu (15/05/2024). Warga telah secara sukarela mengosongkan lahan tersebut pada 1 Mei lalu.

Wattimena menyatakan bahwa keluarnya warga dari hunian di lahan Eks-Pasar Gambus secara sukarela ini menunjukkan harapan besar untuk membangun kota dengan pendekatan humanis.

"Ini sebenarnya harapan besar kita untuk membangun kota ini, dengan tidak membedakan pemerintah dan masyarakat tetapi mencari jalan keluar yang terbaik," terangnya.

Proses pengosongan lahan Eks-Pasar Gambus telah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, musibah kebakaran yang menimpa daerah tersebut menyebabkan warga masih diizinkan membangun hunian sementara dan tetap mendiami lahan tersebut hingga selesai Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 lalu.

"Pasca Lebaran kami meminta mereka untuk keluar dengan sukarela, kemudian Pemkot mengambil alih untuk membongkar seluruh bangunan di Pasar Gambus. Ini hal luar biasa, dimana kita membongkar pasar lama tanpa perlawanan, warga di lahan Eks-Pasar Gambus juga keluar dengan sukarela," ungkap Wattimena.

Setelah pembersihan, lokasi tersebut akan dijadikan tempat parkir untuk mobil truk yang saat ini masih parkir di PT. Pelindo. Rencananya, di bagian belakang akan dibuat lapak yang bagus sehingga warga dapat berjualan kuliner. Ini merupakan langkah pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang sudah cukup lama.

Wattimena berharap bahwa pendekatan yang dilakukan ini menjadi modal bagi pemerintah untuk melakukan berbagai hal di kota ini tanpa ada perlawanan, tanpa demonstrasi, dan tanpa sakit hati yang dirasakan masyarakat.(**)

Tidak ada komentar