Breaking News

Pj Bupati Malteng Upulatu Upacara Peringatan Hari Pattimura ke-207

Masohi, CahayaLensa com- Peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura berlangsung di Lapangan Pattimura, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Rabu (15/5/2024).

Pejabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa bertindak sebagai Upulatu Upacara, sedangkan Serda A. Talakua dari Koramil 1504-03/Saparua Negeri Booi, bertindak sebagai Kapitan Upacara.

Peringatan HUT Pattimura ke-207 mengusung ”Lanjutkan perjuangan Pattimura, Wujudkan Maluku Maju Menuju Indonesia Emas”, diawali pengambilan sumber api obor Pattimura sebagai simbol perjuangan Pattimura yang dilakukan secara adat di gunung Saniri Negeri (Desa) Tuhaha, Kecamatan Saparua Timur.

Selanjutnya api obor Pattimura diarak ribuan warga turun dari gunung saniri melewati negeri Ulath, Saparua, Tiow, Porto dan Haria kemudian menuju ke lapangan Merdeka Saparua untuk upacara pada 15 Mei 2024.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali le dalam sambutan dibacakan Penjabat Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa mengajak masyarakat memaknai hari Pattimura dengan meningkatkan kerja keras untuk memajukan Maluku.

Peringatan ini merupakan momentum untuk menggelorakan kembali spirit nasionalisme dan kejuangan bagi para Pattimura-Pattimura muda dalam membangun negeri ini.

HUT Pattimura sebagai momentum perenungan lebih menghayati spirit nilai-nilai juang Pattimura. Spirit juang Pattimura tidak boleh lapuk ditelan zaman” kata Sahubawa mengingtakan.

Keberanian, rela berkorban, patriotisme dan cinta tanah air harus terus digelorakan, karena untuk menggapai Maluku Maju, dan SDM unggul akan dicapai dengan kerja bersama antara pemerintah, legislatif hingga pihak swasta.

Mengisi semarak HUT Pattimura tersebut Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah juga menyerahkan santunan berupa sembako dan uang tunai yang terdiri dari santunan Basnaz yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah untuk kaum dhuafa hingga santunan penanganan stunting,

Selain itu juga diserahkan santunan untuk tiga orang korban meninggal keracunan ikan dan dilanjutkan dengan kegiatan penanaman anakan pohon cengkih.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara ini, diantaranya Sekda Maluku Tengah, Jauhari Tuarita,unsur pimpinan TNI/Polri, Pimpinan DPRD Malteng, pimpinan OPD lingkup Pemda Maluku Tengah, Camat, Latupati dan Raja se-kecamatan Saparua serta sejumlah siswa sekolah dan warga.

Suksesnya HUT Pattimura di Saparua tidak terlepas dari kesigapan aparat gabungan terdiri dari Polresta Ambon, Polsek Saparua,Sat Brimobda Maluku dan Koramil 1504-03/Saparua. (**)

Tidak ada komentar