Breaking News

Pj Bupati Adakan Sidak di Pasar Binaya

Masohi, CahayaLensa com- Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Ke pasar Binaya Masohi, Selasa (14/05/2024). Sidak yang di lakukan untuk meninjau secara langsung stok kebutuhan pokok di pasar itu.

Pj Bupati juga berdialog langsung dengan para penjual dan masyarakat, serta melakukan pemantauan harga maupun ketersediaan bahan pokok.

Hal ini di lakukan dalam upaya Pemerintah Daerah mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas ekonomi di Kabupaten Maluku Tengah.

Pj. Bupati Rakib Sahubawa menegaskan komitmen Pemda Malteng untuk sigap dalam mengendalikan inflasi dan melindungi daya beli masyarakat.

Menurutnya tradisi masyarakat saat musim haji dan jelang Idul Adha berpotensi memicu kenaikan harga bahan pokok. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah tepat untuk mengendalikan inflasi.

Sinergitas dan langkah-langkah konkrit ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam menekan laju inflasi di kota Masohi.

Dilansir dari radiodms.com,  sejumlah pedagang mengaku beberapa bahan mengalami kenaikan harga antara seperti beras telur dan bumbu masak yakni cabe, bawang merah dan juga bawang putih.

Misalnya harga beras subsidi, dari harga sebelumnya Rp,15,000, menjadi Rp.16,000 per kg, bawang putih dari harga 40 ribu naik menjadi Rp 50,000, sementara bawang merah dari harga Rp 30,000, menjadi Rp 45.000 /kg.

Gula pasir juga beranjak dari Rp 18.000 menjadi Rp 20.000/kg sedangkan satu rak telur sebelumnya Rp 68.000 naik menjadi Rp 70.000.

Ida salah satu pedagang di Pasar Binaya Masohi menyebutkan, kenaikan harga telur dan gula pasir ini terjadi sesudah lebaran.

Menurutya kenaikan secara bertahap, disebabkan stok menipis ditingkat agen.

Kenaikan harga juga terjadi untuk komoditi lokal seperti cabai rawit,dari Rp15.000 / kg, kini berada dikisaran harga Rp25.000 hingga Rp30.000 / kg. (**)

Tidak ada komentar