Breaking News

Warga Analatur Diintimidasi Caleg DPRD Partai Nasdem Yang Gagal

Ambon,  Cahayalensa.com- Pemutusan pipa Air Bersih yang bersumber dari Desa Ahanari ke Desa Analutur terjadi akibat Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Dapil III Partai Nasdem atas nama Jordan Barlola yang gagal.

Dengan itu, maka masyarakat dari desa itu diintimidasi oleh pendukung Caleg tersebut pada tanggal 15 Februari 2024 pukul 09.00 WIT.

Adapun identitas saksi dan pelaku pemutusan pipa jaringan air bersih sebagai berikut ; Saksi 
Nama        : Wiliam Latulola
Umur         : 23 Tahun
Pekerjaan : Petani
Agama      : Kristen Protestan
Alamat      :  Desa Analutur

 Pelaku :
Nama        : Korneles Emray
TTL            : Ahanari, 07-05-1963
Agama      : Kristen Protestan
Pekerjaan  : Petani ( Ketua Pemuda )
Alamat       : Desa Ahanari

Sedangkan, Kronologis kejadian sebagai berikut ; Pukul 09.00 WIT Saksi berjalan dari Desa Analutur menuju Desa Ahanari pada saat saksi tiba di perbatasan Desa Analutur dan Desa Ahanari saksi mendengar banyak orang sementara ribut-ribut dan saksi melihat masyarakat Desa Ahanari kurang lebih 20 orang sedang merusak atau memutus pipa jaringan air bersih  yang menuju Desa Ahanari.

Saksi merasa takut dan bersembunyi sambil menunggu para pelaku meninggalkan TKP, setelah memutus pipa air bersih para pelaku membawa satu staf/batang pipa besi ukuran 2 dim ke Desa Ahanari dengan menggunakan mobil pick up.

Setelah para pelaku meninggalkan TKP saksi kemudian kembali ke desa Analutur dan melaporkan masalah tersebut kepada Kades Analutur.

Setelah mendapat laporan dari saksi Kades Analutur Bpk. Frits Oraile melapor ke Babinasa Babar Timur.

Mendapat laporan dari Kades Analutur Anggota Unit Intel kodim 1511/P.Moa menuju ke TKP dan mengambil keterangan dari pelaku, saksi dan Kades Analutur :

Menurut keterangan pelaku yang merupakan pendukung caleg Jordan Barlola, mereka sangat kesal dan marah karena Caleg mereka yang merupakan anak asli dari Desa Analutur tidak mendapat dukungan dari masyarakat Desa Analutur.

Jumlah perolehan suara Caleg DPRD Kab. MBD Jordan Barlola di Desa Analutur hanya berjumlah 5 suara.

Pelaku berdalih perbuatannya adalah untuk mengamankan aset Desa Analutur yaitu sumber air yang sudah puluhan tahun dikonsumsi oleh masyarakat Analutur dengan gratis.

Menurut keterangan Kades Analutur, pada bulan November 2023 Pelaku yang adalah tim sukses caleg Jordan Barlola sempat menyampaikan kalau orang analutur tidak memilih calonnya maka mereka mengancam akan memutus air yang sekarang dikonsumsi oleh masyarakat Analutur karena air tersebut milik Desa Ahanari.

Pelaku juga sempat menyampaikan kepada kades Analutur untuk bisa mengarahkan masyarakatnya mencoblos Caleg Jordan Barlola namun pada saat pencoblosan masyarakat Analutur hanya memberikan 5 suara kepada Jordan.

Kades Analutur hanya bisa pasrah pada keputusan sepihak dari Ketua Pemuda Ahanari yang sengaja memutus aliran air menuju Desa Analutur. Kades juga tidak bisa memaksakan masyarakatnya untuk memilih Caleg tersebut karena akan merusak Demokrasi.

Penggunaan air tersebut oleh masyarakat Desa Analutur sudah puluhan tahun yang lalu dan pemutusan air tidak melalui musyawarah dan kesepakatan dari kedua desa tapi hanya keputusan sepihak karena masalah Politik (tidak terima kekalahan saat pemilu legislatif.

Untuk itu, Langkah-langkah yang diambil diantaranya; Melaporkan kejadian tersebut kepada komando atas.
Berkoordinasi dengan masyarakat analutur agar tidak terpengaruh dengan isu-isu yang dapat menjadi masalah antar kampung.

Menghimbau kepada para pelaku agar tidak melakukan tindakan anarkis kepada masyarakat Analutur karena pemilu merupakan pesta demokrasi dan masyarakat tidak boleh diintimidasi dan dipaksa untuk memilih salah satu caleg tertentu.

Berkoordinasi dengan pihak terkait agar segera menyelesaikan masalah ini karena kasihan masyarakat akan sangat mengalami kesusahan

Maka oleh itu, perlu diketahui bersama, yakni ; 
a. Pemutusan aliran air secara sepihak dari para pelaku merupakan tindakan sepihak tanpa berkoordinasi dan bukan merupakan hasil musyawarah dari kedua Desa.

b. Saat ini masyarakat Desa Analutur mengkonsumsi air yang diambil di pantai dengan cara menggali pasir yang ada mata airnya disaring dan bersumber untuk kebutuhan sehari-hari.

c. Tindakan yang dilakukan oleh pendukung Caleg tersebut merupakan intimidasi yang dapat berdampak buruk bagi seluruh masyarakat Analutur.

d. Agar Pihak terkait terutama Kades dan Forkopimcam Babar Timur dapat menyelesiakan masalah ini secapatnya  sehingga masyarakat Analutur dapat menikmati air bersih dengan baik.

e. Tindakan semena-mena dari para pelaku merupakan pelagaran hukum dan pihak bawaslu harus segera menangani masalah ini. (CL-03)

Tidak ada komentar