Breaking News

Pemkot Ambon Gelar FKP RPJPD Tahun 2025-2045

Ambon, Cahayalensa.com-  Pemerintah Kota Ambon menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka  Panjang Daerah ( RPJPD) Kota Ambon Tahun 2025-2045, yang berlangsung di Hotel Marina Ambon, Selasa (20/2/2024).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, Sesuai amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 daerah wajib menyusun dokumen RPJPD periode 20 tahun.

Dimana pada periode ini penyusunan RPJPD berjalan bersamaan dari tingkat nasional, provinsi sampai ke kabupaten kota.

"Ini menjamin adanya kesamaan ataupun seluruh proses penyusunan yang saling terikat satu dengan yang lain sehingga seluruh program pembangunan mulai dari tingkat kabupaten kota, Provinsi dan nasional bisa bersinergi dan berjalan bersama dengan baik," katanya.

Menurut Wattimena, yang dilakukan ini merupakan salah satu tahapan strategis dalam rangkaian proses penyusunan dan penetapan dokumen RPJPD Kota Ambon tahun 2025-2045.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan masukan visi misi bagi penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kota Ambon dengan  proses penyusunan dokumen merupakan  tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk sama-sama berkontribusi dalam proses penyusunan dokumen perencanaan periode 20 tahunan sekaligus menetapkan tujuan besar gambaran ideal harapan Kota Ambon masa depan 20 tahun mendatang.

Selain itu,  RPJPD Kota Ambon nantinya akan menghasilkan dokumen perencanaan yang menjadi pedoman arah dan landasan penyelenggaraan Pembangunan Daerah untuk periode menengah.

"Rancangan visi RPJPD provinsi Maluku yaitu Maluku maju, inklusif berkelanjutan dan berdaulat maka dengan memperhatikan sinkronisasi serta kondisi terkini di daerah rancangan sementara visi RPJPD Kota Ambon tahun 2025-2045 adalah Ambon manis, tangguh, maju dan berkelanjutan," jelasnya.

Untuk itu, diharapkan, dalam kegiatan ini semua peserta bisa berpartisipasi secara baik dalam memberikan masukan agar RPJPD Kota Ambon 2025-2045 ini betul-betul menjadi fisik kita untuk membangun kota Ambon 20 tahun ke depan.

"Dalam rancangan pembangunan nasional kita ingin supaya mencapai Indonesia emas di tahun 2045 yang dituangkan dalam RPJP Nasional," ucapnya. (CL-03)

Tidak ada komentar