Breaking News

Kasdam Buka RAT Ke 51 Puskop Kartika Pattimura

Ambon, Cahayalensa.com- Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, mewakili Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han) membuka pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-51 dan tutup buku Tahun 2023 yang digelar Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Pattimura di Aula Lantai II Makodam, Ambon Rabu, (7/2/2024).

Kegiatan ini  digelar dalam rangka menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan badan pengawas kepada anggotanya tentang, hasil pelaksanaan kerja tahun 2023, Pusat Koperasi (Puskop) Kartika Pattimura dibuka secara resmi dengan penekanan tombol sirine.

Kegiatan RAT ini dihadiri oleh Kebidnikop Inkopad Kolonel Armed Ery Revlisa, S.I.P.MM., mewakili Ketua Umum Induk Koperasi Kartika TNI AD, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi mewakili Pangdam XVI/Pattimura  Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., Kadiskop dan UMKM Provinsi Maluku Drs, M. Nasir Kilkoda, Ketua Puskop Kartika Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima, perwakilan Pimpinan Bank BRI, Bank BTN, Bank Arta Graha dan Dirut PT. Maju Bersama Grup serta Badan Pengawas Puskop Kartika Pattimura.

Pangdam dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kasdam mengatakan, rapat anggota tahunan (RAT) merupakan forum tertinggi sebagai pertanggungjawaban pengurus Koperasi dalam melaksanakan program kerja, yang tertuang dalam rencana anggaran pendapatan dan belanja (RAPB) Puskop Kartika Pattimura Tahun 2023.

“Oleh karenanya, melalui forum RAT ini, seluruh anggota Koperasi memiliki peranan penting dalam menentukan kebijakan tentang tumbuh kembangnya kegiatan usaha Koperasi dan menyampaikan saran, serta pandangan bahkan, mengoreksi sejauh mana efektivitas pelaksanaan program kerja Puskop Kartika Pattimura sepanjang tahun 2023 yang lalu”, kata Pangdam.

Menurutnya, Sisa Hasil Usaha (SHU), bukanlah satu-satunya tujuan dalam kegiatan usaha koperasi, tetapi kemampuan untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan primer dan sekunder para anggota beserta keluarganya.

“Lakukan inovasi dan manfaatkan setiap peluang usaha yang ada, serta perluas jalinan kemitraan, sehingga Pusat Koperasi Kartika Pattimura dapat meraih profit yang setinggi-tingginya dan semakin meningkatkan kontribusinya bagi terwujudnya kesejahteraan Prajurit serta PNS Kodam XVI/Pattimura dan keluarganya," pesan Pangdam.

Dalam kesempatan itu, Kebidnikop Inkopad Kolonel Armed Ery Revlisa, S.I.P.MM., mewakili Ketua Umum Induk Koperasi Kartika TNI AD dalam arahannya menyampaikan, terselenggaranya Rapat Anggota Tahunan, yang dalam pengelolaan koperasi merupakan bagian dari perangkat organisasi yang memiliki kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan koperasi

Menurutnya, kehadiran pembina, para pejabat bidang koperasi dan para ketua Primkop kartika dalam forum rapat anggota ini memiliki makna dan peran penting dalam memberikan sumbangan pemikiran, saran dan kritik.

"Mampu berinovasi untuk terus mengembangkan berbagai peluang dan diversifikasi usaha yang ada melalui jalinan kemitraan dgn BUMN, BUMD, BUMS DAN badan usaha lain agar memperoleh kemudahan dalam mengelola usahanya dan tetap berpijak pada  prinsip kebersamaan, keterbukaan, saling memperkuat dan saling menguntungkan ,”ujarnya

Diakui,  penghargaan pangdam XVI/pattimura selaku pembina, pengurus dan pengelola Usaha Puskop Kartika Pattimura

”Semoga keberhasilan yang sudah dicapai tahun ini dapat ditingkatkan penyusuna tahun-tahun mendatang melalui penyusunan program kerja yang implementatif, terukur dan progresif,”tutupnya. (CL-03)

Tidak ada komentar