Breaking News

Tunjang Program Keluarga Bahagia, Murad Canangkan Sejumlah Negeri Di Malteng Sebagai Kampung Keluarga Berkualitas

Masohi, CahayaLensa.Com- Gubernur Maluku Murad Ismail mencanangkan sejumlah negeri di kecamatan Teluti dan Tehoru sebagai kampung keluarga berkualitas dalam menunjang program keluarga bahagia dan sejahtera.

Dalam kunjungan kerja di kabupaten Maluku Tengah, Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, bersama Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa beserta rombongan dari Pemda provinsi dan kabupaten, mengunjungi dua kecamatan, yaitu Tehoru dan Teluti, pada Sabtu, 14/10/2023.

Pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di desa Wolu, gubernur mencanangkan beberapa kampung yang ada di kecamatan Teluti dan Tehoru, yakni, Teluti Baru, Mosso, Yaputih, Maneo Ratu sebagai kampung keluarga berkualitas dalam rangka mendukung program keluarga bahagia dan sejahtera.

Dalam sambutannya, gubernur mengatakan salah satu persoalan yang saat ini sedang diselesaikan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah adalah tingginya angka preferensi stunting sehingga diperlukan keterlibatan semua pihak dalam upaya menurunkan angka dimaksud secara bersama.

Menurutnya, sesuai amanat presiden, yakni menjadikan upaya pengentasan stunting menjadi gerakan bersama, oleh karena itu bersamaan dengan pencanangan kampung berkualitas sebagai bagian dari program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Selain itu, dirinya memastikan komitmen pemerintah provinsi Maluku untuk melaksanakan berbagai program pemberdayaan dengan berkolaborasi bersama tim penggerak PKK, salah satunya adalah pencanangan kampung berkualitas yang saat ini dilaksanakan di kecamatan Tehoru dan kecamatan Teluti.

Kegiatan ini diharapkan akan terus berkelanjutan dilaksanakan pada seluruh pelosok negeri yang ada di provinsi Maluku, sehingga kualitas derajat kesehatan di wilayah provinsi Maluku dari waktu ke waktu akan semakin meningkat ke arah yang lebih baik.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Maluku sekaligus duta Parenting Stunting Maluku, Widya Pratiwi Murad, dikatakan dengan pencanangan kampung keluarga berkualitas diharapkan dapat mendorong percepatan penurunan angka stunting.

Pada kesempatan tersebut juga pihaknya melaksanakan kegiatan sosialisasi GEMA, yakni Gerakan Ina Latu Potong Pele Stunting, program ini kata Widya sangat penting dan strategis yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tingkat desa hingga dusun.

Sementara itu, Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa, atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Maluku Tengah, mengapresiasi dan menyambut gembira kunjungan kerja Gubernur Maluku bersama Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Maluku di kabupaten Maluku Tengah.

Setelah membuka secara resmi kegiatan turnamen Ina Latu Maluku Cup, rombongan gubernur Maluku kembali melanjutkan dengan mengunjungi kecamatan Teluti dan Tehoru, dalam melaksanakan beberapa program kerja baik yang telah dipersiapkan oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi.

Terlihat pada lokasi kegiatan, Gubernur Ismail Murad bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Maluku menyerahkan bantuan berupa beras kepada masyarakat dari kedua Kecamatan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, khususnya yang berada di kedua Kecamatan yang dikunjungi.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan buku nikah, dokumen kependudukan berupa KTP, dan Kartu Keluarga kepada mereka yang telah menjalani nikah bersama yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Maluku Tengah bersama dengan Kementerian Agama Maluku Tengah dan Disdukcapil.

Rombongan Gubernur Maluku juga melihat secara langsung kegiatan Khitanan Massal di desa Wolu kecamatan Teluti yang dijadikan sebagai tempat kunjungan gubernur tersebut, yang dilanjutkan dengan melantik dan mengukuhkan Badan Pengurus Majelis Tak’lim Kecamatan Tehoru dan Teluti oleh Widya Pratiwi Murad. (**/CL)

Tidak ada komentar