Breaking News

Batik Tanimbar Ditampilkan Gubernur Dan Istri pada "Peragaan Busana Istana Berbatik"

Jakarta, CahayaLensa.Com- Dalam rangka hari Batik Nasional yang biasanya diperingati setiap tanggal 02 Oktober 2023, Gubernur Maluku, Irjen. Pol (Purn) Drs. Murad Ismail bersama Istri yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Maluku, Widya Pratiwi Murad tampil mengenakan busana batik Kain Wastra Maluku, Tenun Ikat Tanimbar pada peragaan busana Istana Berbatik. Dengan serasi keduanya berjalan di lintasan catwalk sepanjang 150 meter dan disaksikan langsung Presiden Joko Widodo

“Kita bangga Maluku punya banyak kriya asli yang otentik, Maluku ini beragam, tentulah punya banyak produk budaya yang memiliki potensi besar,” kata Ketua Dekranasda Maluku, Widya Pratiwi Murad usai kegiatan Istana Berbatik di Istana Presiden, Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam.

Dikatakan Widya, Kriya Maluku tidak kalah dengan produk kriya dari daerah lain. Keragaman budaya di Maluku juga menghasilkan produk kriya yang sangat beragam.

Selain itu, Widya juga mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk terus mendukung produk kriya Maluku. Sehingga produk kriya yang ada di Maluku tidak hilang termakan zaman.

Mari kita dukung para pengrajin Maluku, dengan cara membeli produk-produknya, dengan begitu para pengrajin dan produknya akan terus bertahan sepanjang masa,” ujar Widya.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik. Oleh karena itu, Presiden mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin mencintai batik sebagai warisan tradisi dan budaya asli Tanah Air.

“Batik bukan hanya sebagai karya seni biasa. Tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia,” kata Presiden.

Selain Gubernur Maluku dan Ketua Dekranasda Maluku, sejumlah tokoh nasional, mulai dari kepala daerah hingga seniman mengikuti parade catwalk Istana Berbatik. Kegiatan ini melibatkan 503 orang peraga.(**)


Tidak ada komentar