Breaking News

Penjabat Bupati Malteng Sampaikan Pidato Perdana Pada Rapat Paripurna Istimewa

Masohi, CahayaLensa.Com- Penjabat Bupati Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si Jumat 15 September 2023, menyampaikan pidato perdana pada sidang istimewa yang digelar DPRD Maluku Tengah, pasca dirinya dilantik Gubernur Maluku Selasa, 12 September lalu. 

Dalam pidatonya Sahubawa menymapaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pimpinan dan Anggota Dewan yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan kepadanya sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah.

Apresiasi juga diberikan bagi Gubernur Maluku, Murad Ismail.
"Dari lubuk hati yang dalam, saya dan keluarga juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Maluku yang telah memberikan kepercayaan, kesempatan dan dukungan yang penuh serta sehingga mengantarkan saya untuk bisa hadir di forum yang mulia dan istimewa ini,"ungkapnya.

Dikatakan, sebagai bagian dari amanat konstitusi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Rapat Paripurna Istimewa baginya memiliki makna yang sangat khusus, karena tidak hanya sekedar mengawali tugasnya yang baru sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah, namun juga untuk memulai langkah-langkah besar dalam melanjutkan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, tata kelola dan pelayanan publik di Kabupaten yang bertajuk Pamahanunusa ini. 

"Tantangan kita saat ini di Kabupaten Maluku Tengah adalah Upaya menurunkan tingkat kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi, memudahkan investasi, penggunaan produk dalam negeri, penguatan birokrasi, serta stabilisasi politik dan keamanan,' ulasnya. 

Dirinya juga berjanji kepada kaum Dua’fa, anak yatim dan para janda, serta orang tua jompo untuk melakukan Upaya terbaik dalam rangka membantu mereka melalui program "OPEN".

Menurutnya, penuntasan banyaknya tantangan memerlukan pengembangan cara-cara baru, nilai-nilai baru melalui kerja keras dan kerja yang produktif melalui terobosan dan inovasi.

"Dalam rangka penurunan stunting, kami akan hadir dengan inovasi GEMA DUTA PARENTING POTONG PELE STUNTING, untuk memastikan setiap bayi dan ibu hamil mendapatkan pelayanan terbaik dan tersedianya orang tua asuh bagi anak penderita stunting. Kita harus bisa dan berani mendobrak rutinitas demi meningkatkan produktivitas yang menjadi prioritas kita Bersama. Jangan lagi kerja kita berorientasi pada proses, tetapi harus berorientasi pada hasil yang nyata,"katanya 

Dirinya menyampaikan bahwa mindset paradigma penyelenggaran pemerintahan harus kita rubah. Tugas kita selaku penyelenggara negara bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas utama kita adalah membuat Masyarakat menikmati pelayanan, menikmati Pembangunan dan hidup Sejahtera. 

"Saya tidak ingin, pekerjaan birokrasi hanya rutinitas biasa saja, melainkan tugas birokrasi adalah making delivered yaitu memastikan dan menjamin agar manfaat dari setiap program pemerintah itu dirasakan oleh Masyarakat. Kita juga harus menyamakan pandangan, bahwa problematika sosial yang terjadi saat ini di Masyarakat dalam segala aspek, bukanlah lahir dari kelemahan atau kesalahan Masyarakat, melainkan karena disebabkan oleh implementasi kebijakan pemerintah daerah yang belum fokus pada penanganan substansi persoalan. Oleh karena itu kita harus memastikan bahwa pemerintah daerah adalah solusi dari berbagai persolanan, bukan sebaliknya pemerintah daerah adalah merupakan sumber permasalahannya,"tandasnya.

Selain itu, dirinya juga akan memperkuat reformasi birokrasi serta tata Kelola pemerintahan yang mengedepankan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, beretika dan berbudaya yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan Masyarakat dan penguatan perekonomian daerah.

"Untuk mewujudkan reformasi birokrasi, kita akan mengembangkan digitalisasi tata Kelola pemerintahan melalui pengembangan Kerjasama dengan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), untuk peningkatan SDM aparatur pemerintah daerah," jelasnya 

Pengembangan kerjasama juga menurutnya akan dilakukan melalui pengembangan kerja sama dengan Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung untuk pengembangan smart city atau kabupaten, data digital dan digitalisasi UMKM. Kerjasama juga akan dilakukan dengan Universitas Gadjah Mada untuk penyediaan garam laut, pemanfaatan garam laut untuk listrik, penyulingan air laut, panen air hujan dan pengembangan tenun batik.

"Tugas penting lainnya, adalah kami akan mendukung dan mensukseskan pelaksanaan agenda demokrasi nasional yaitu pemilihan legislatif, pemilihan presiden serta pemilihan kepala daerah. Kami juga akan melaksanakan Upaya-upaya untuk penyelesaian konflik horizontal yang terjadi di Masyarakat," tutupnya 

Dirinya meminta dukungan yang maksimal dari seluruh elemen masyarakat. Baik dari Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, institusi TNI dan POLRI, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Ormas, LSM, OKP dan juga seluruh insan pers yang ada di daerah ini.

"Saya juga mohon dukungan dari Bapak Gubernur Maluku selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah untuk terus memberikan arahan, motovasi serta melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja kami selaku Penjabat Bupati sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,"harapnya mengakhiri. (Milen)




Tidak ada komentar