Breaking News

Pemkot Ambon Akan Buat Inovasi Baru Pola Penagihan Retribusi Sampah

gambar Pemkot Ambon Akan Buat Inovasi Baru Pola Penagihan Retribusi Sampah from radiodms.comAmbon, CahayaLensa. Com- – Pemerintah kota Ambon berencana membuat terobosan dan menciptakan inovasi baru penarikan retribusi sampah akibat belum maksimalnya pencapaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Ambon khusus dari retribusi sampah yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon.

Demikian dikatakan oleh penjabat walikota Ambon, Bodewin Wattimena, saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai mengikuti rapat peripuran ke-2 tahun sidang 2023-2024 DPRD kota Ambon dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan rancangan KUA dan PPAS perubahan APBD kota Ambon tahun anggaran 2023.

Dikatakan oleh Bodewin, belum maksimalnya capaian target PAD yang dikumpulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon disebabkan ada beberapa faktor, yakni baru dikeluarkannya Perda dan butuh sosialisasi ke masyarakat serta belum ditemukan metode yang tepat dalam melakukan penagihan.

Untuk itu, kata Bodewin, permasalahan ini akan menjadi catatan bagi pemerintahan kota Ambon, terutama Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon, untuk melakukan terobosan dengan inovasi-inovasi baru sehingga capaian target yang diharapkan dari retribusi sampah akan dapat terwujud.

Ia mencontohkan pada Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan kota Ambon yang belum dapat memenuhi target, maka hal itu bukan menjadi ukuran, karena penilaian capaian target semuanya akan dihitung pada akhir tahun anggaran dan bukan pada saat ini.

Ditegaskan oleh Wattimena, jika tidak dapat memenuhi target, maka dapat diturunkan angka yang ditetapkan, namun jika ada OPD pengumpul lainnya yang telah memenuhi atau melebihi target, maka akan dinilai angka capaiannya, dan semuanya bisa dibuat dalam APBD perubahan yang disepakati bersama pemerintah dan DPRD.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD kota Ambon, Gerald Mailoa, mengatakan secara keseluruhan capaian target PAD kota Ambon tahun 2023 dinilai telah maksimal. Hal ini terungkap saat rapat evaluasi DPRD kota Ambon bersama dengan pihak pemerintah kota Ambon, pada Rabu, 13/09/2023, di gedung DPRD kota Ambon.(**)

 

Tidak ada komentar