Breaking News

Masohi Jadi Lokasi Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015

Masohi, CahayaLensa.Com-  Museum Siwalima Maluku mengadakan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum yang berlangsung di kota Masohi, pada Selasa, 12 September 2023.

Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum dibuka secara resmi oleh kabid tenaga Pendidik dan kependidikan kabupaten Maluku Tengah, Yoke de Fretes, yang mewakili kepala dinas Pendidikan Maluku Tengah, Tedy Salampessy.

Yoke de Fretes, saat membacakan sambutan kepala dinas Pendidikan Maluku Tengah, menyampaikan apresiasi kepada pihak Museum Siwalima Maluku yang telah memilih kabupaten Maluku Tengah sebagai lokasi tempat sosialisasi.

Kegiatan Sosialisasi ini dirasa sangat penting dalam upaya untuk memberikan pemahaman mengenai peraturan permuseuman, di mana dalam PP 66 tahun 2015 tentang Museum menjelaskan bahwa museum adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menggerakan desa-desa adat yang ada di Maluku Tengah, untuk tetap merawat dan menjaga peninggalan sejarah yang dimiliki berupa benda cagar budaya yang merupakan bukti material hasil budaya atau material alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi, dan pariwisata.

Dengan tetap terjaganya benda-benda bersejarah yang dimiliki, akan dapat nantinya diberitakan kepada para generasi muda, sehingga dapat mengetahui tentang sejarah yang ada menyangkut dengan budaya serta benda-benda yang masih tersimpan hingga saat ini di museum.

Kehadiran Museum dapat dijadikan sebagai tempat riset, edukasi, dan hiburan. Melalui museum, lah diharapkan masyarakat menjadi senang dan mendapatkan banyak pengetahuan. Museum bukan hanya menjadi tempat memajang benda tanpa cerita. Museum dituntut memiliki cerita atau storyline yang tidak terpisah-pisah. Museum juga harus memiliki sarana dan prasarana pendukung penyajian informasi koleksi di museum.

Terlihat hadir pada acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum kepala museum Siwalima Darwin Jacob Lawalata. Sementara yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut adalah June dan Wellem de Kock, serta para peserta tamu undangan lainnya. (**)

Tidak ada komentar