Breaking News

Gubernur Maluku Lantik Sekda Malteng Jadi Penjabat Bupati

Ambon, CahayaLensa.Com- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Dr. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si resmi menjabat Penjabat  Bupati Maluku Tengah setelah dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail pada Selasa 12 September 2023 bertempat di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku. 

Pelantikan Sahubawa sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 100:2.1.3-3683 tahun 2023 tertanggal 5 September 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Bupati Maluku Tengah.

Gubernur Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, tahun 2024 adalah tahun politik terbesar bagi bangsa Indonesia yang ditandai dengan pelaksanaan pemilihan Presiden (Pilpres) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

“Salah satu tugas penting saudara selaku Pj Bupati sebagaimana disebutkan dalam keputusan menteri adalah memfasilitasi suksesnya agenda nasional ini, termasuk menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemda Maluku Tengah,” ingatnya.

Murad memastikan akan melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Pj Bupati berdasarkan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas yang wajib disampaikan setiap tiga bulan sekali dan melakukan koordinasi dengan Forkompinda, DPRD, instansi vertikal, TNI-Polri dan elemen masyarakat lain di Maluku Tengah.

“Terkait jabatan saudara sebagai Sekda, maka sesuai pasal 13 ayat 4 Permendagri nomor 4 tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Pejabat Bupati dan Pejabat Walikota dilepaskan dan segera diisi pejabat Sekda sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap Gubernur.

Sesuai arahan Presiden tentang pengendalian inflasi penurunan stunting, menurunkan angka kemiskinan ekstrem, memudahkan investasi, belanja APBD bagi produk dalam negeri serta menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilu dan Pilkada 2024 harus menjadi prioritas kerja Pj Bupati Malteng di daerah.

“Pengalaman selama menjadi Sekda diharapkan agar menjadi guru yang berharga guna memenuhi amanah yang dipercayakan negara kepada saudara,” pinta Murad.

Lebih lanjut kata dia, masa pendaftaran calon presiden-wakil presiden, penetapan daftar calon tetap anggota DPR akan dilakukan. Karena itu diharapkan agar memberi perhatian serius terhadap aspek keamanan dan ketertiban untuk menjadi prioritas di daerah.

“Saudara wajib membangun koordinasi, komunikasi serta kolaborasi dengan jajaran TNI-POLRI maupun aparat penegak hukum lain demi menjaga stabilitas ketertiban penegakan hukum di wilayah Maluku Tengah,” pungkas Murad. (**)

Tidak ada komentar