Breaking News

Antusias Warga Masohi Ikut Penyuluhan Masalah Jantung Dan Pemeriksaan Kesehatan

Masohi, CahayaLensa.Com- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Maluku, Mirati Dewaningsih mengapresiasi antusiasnya warga Masohi dan sekitarnya yang mengikuti penyuluhan kesehatan jantung berlangsung di Aula Polomas, Masohi, Maluku Tengah, Sabtu 9 September 2023.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan berupa gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Mirati menggandeng AT Community sebagai mitra penyelenggara penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan Maluku itu mengatakan kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut telah sesuai dengan tugas kemitraan dari DPD RI Komite III, Dimana tugas Komite III memiliki mitra kerja dengan Kementerian Kesehatan.

Penyuluhan kesehatan yang difokuskan terkait jantung, kata Mirati sebagai bagian dari langkah mitigasi mencegah masalah jantung pada manusia. Mengingat persoalan penyakit jantung pada manusia sebagai penyumbang kematian terbanyak di dunia dan di Indonesia menempati urutan 2.

Mirati mengatakan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 17 juta orang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Selama 10 tahun terakhir, penyakit ini telah menjadi penyebab kematian dan kesakitan tertinggi, serta menjadi beban finansial yang signifikan (penyakit katastropik).

Di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 2.784.064 kasus penyakit kardiovaskular, dengan tingkat kematian 15 dari 1000 orang.

Mirati berharap pengetahuan tentang merawat jantung yang didapatkan peserta dari Dokter Muhammad Isra Tuasikal, dan dr. Agita Maryalda, sebagai pemateri di kegiatan tersebut untuk terus menjaga dan menyayangi jantung secara baik. (**)

Tidak ada komentar