Breaking News

Wujudkan Kemajuan Dan Kesejahteraan Masyarakat Desa, Workshop Pengelolaan Keuangan Digelar

Ambon, CahayaLensa.Com-  Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional Provinsi Maluku diharapkan menjadi wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman terbaik dari praktik-praktik yang telah terbukti berhasil dalam konteks pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Muhammad Marasabessy, dalam sambutannya saat menghadiri Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional Provinsi Maluku yang diselenggarakan di baileo Ir. Sukarno kota Masohi, Kamis 10 Agustus 2023.

Mengusung tema “Pengelolaan Keuangan Desa yang Akuntabel dalam rangka Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Desa yang Berkelanjutan,” kata Marasabessy, menjadi langkah konkret dan penting dalam upaya bersama mengembangkan potensi serta kualitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di desa-desa dalam wilayah Provinsi Maluku, terutama di Kabupaten Maluku Tengah.

Desa sebagai bagian terkecil dari tatanan pemerintahan merupakan komponen yang tidak dapat diabaikan dalam upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, evaluasi terhadap pengelolaan keuangan dan pembangunan desa menjadi suatu hal yang sangat krusial.

Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa adalah suatu konsep penting dalam pemerintahan lokal yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya keuangan dan sumber daya manusia yang ada di tingkat desa. Konsep ini melibatkan berbagai aspek yang saling terkait, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, hingga evaluasi hasil kegiatan pembangunan di tingkat desa.

Konsep Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, partisipasi masyarakat, dan tata kelola yang baik. Dengan menerapkan konsep ini secara efektif, diharapkan desa-desa dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup secara menyeluruh.

Dirinya optimis melalui kerja sama, kolaborasi, dan sinergitas yang erat antara pemerintah, aparat desa, dan berbagai pihak terkait, dapat mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa. Dengan pemahaman yang lebih mendalam terhadap isu-isu ini, akan mampu merumuskan strategi dan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumber daya yang ada guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ia juga mengapresiasi inisiatif dari semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan workshop ini, para narasumber, pelaksana kegiatan, serta seluruh peserta yang hadir. Semua kontribusi dan partisipasi aktif dari hadirin merupakan langkah nyata menuju perubahan positif dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Workshop ini diharapkan akan menjadi ajang pembelajaran yang bermanfaat, dan tempat semua dapat mendiskusikan ide-ide brilian, menggali solusi-solusi inovatif, dan menjalin jaringan kerjasama yang kuat. Ia mengajak semua pihak memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya dalam menciptakan perubahan yang signifikan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa di Provinsi Maluku, khususnya di Kabupaten Maluku Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Regional Provinsi Maluku, Anggota Komite IV DPD RI, Novita Anakotta, Tenaga Ahli Dewan Pertimbangan Presiden, Rahajeng Widya, Kepala Kantor Wilayah DJPB Provinsi Maluku, Tedy Suhartadi Permadi, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintah Desa pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Waris Prabowo, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Yunaidi, Forkopimda Maluku Tengah, Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku, Pimpinan OPD, Para Kepala Kecamatan, dan Para Kepala Pemerintah Negeri, Pendamping Desa. (**)

Tidak ada komentar