Breaking News

TP- PKK Malteng Adakan Lomba Masak B2SA

Masohi, CahayaLensa.Com- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Maluku Tengah telah melaksanakan lomba masak serba ikan dan menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), serta Lomba Mewarnai dan Menggambar Tingkat TK/SD pada Jumat,04/08/2023, di Baileo Sukarno Pandopo Bupati Maluku Tengah.

Ketua TP PKK Kabupaten Maluku Tengah, Bella F. M. Marasabessy, dalam sambutannya mengatakan bahwa Lomba Festival Pangan Lokal B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada seluruh anggota Tim Penggerak PKK agar semakin solid, semakin giat, dan semakin serius dalam menjalankan tugas dan fungsinya demi terwujudnya kesejahteraan keluarga.

Oleh karena itu, tanggung jawab Tim penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk terus mendorong masyarakat agar gemar makan ikan dan mengkonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman, sehingga dapat mengurangi Gizi buruk khususnya Stunting demi terwujudnya Generasi Maluku Tengah yang Sehat dan Unggul.

Salah satu implementasi dari gerakan gemar makan ikan adalah melalui lomba masak serba ikan dan B2SA yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten hingga Nasional. Untuk menjadikan ikan dan bahan yang berbasis lokal sebagai menu sehari-hari, diperlukan kreativitas dan inovasi dalam resep masakan agar ikan dan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar dan norma angka kecukupan gizi, disajikan secara higienis, dan memiliki rasa yang enak sehingga menjadi menu makanan yang lezat dan dapat diandalkan dalam keluarga.

Ia juga berharap bahwa melalui lomba ini akan melahirkan inovasi-inovasi baru bagi produk unggulan, baik itu kerajinan maupun produk makanan dan minuman. Hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan keluarga bagi kelompok yang dibina oleh PKK. Selain itu, produk-produk ini perlu terus dibina dan ditingkatkan mutunya agar dapat bersaing di pasaran.

Sementara itu, penjabat bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy, yang diwakili oleh Asisten I Sekda Maluku Tengah, Silviana Mattemmu, dalam sambutan penjabat bupati menyatakan bahwa melalui lomba Festival Pangan Lokal B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan, akan muncul ide-ide brilian dalam menciptakan menu berbasis pangan lokal yang sehat, bermutu, dan berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan dan gizi masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, termasuk juga menjadi ajang promosi potensi perikanan di kabupaten tersebut.

Pelaksanaan kegiatan Lomba masak serba ikan bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan sekaligus mencegah stunting dan meningkatkan konsumsi ikan nasional. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Maluku Tengah bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam pelaksanaan kegiatan, baik itu lomba masak serba ikan maupun lomba mewarnai dan menggambar, panitia langsung mengumumkan para pemenang setelah dilakukan penjurian oleh tim, dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. (**)

Tidak ada komentar