Breaking News

Paripurna HUT Ke-78 Promal Diadakan di Masohi, Watubun : Bentuk Apresiasi Malteng Sebagai Kabupaten Tertua

Ambon, CahayaLensa.Com- Untuk pertama kalinya dalam sejarah Maluku, Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Maluku yang dilakukan di Masohi Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) .

Alasan paripurna HUT ke-78 Provinsi Maluku di Kota Masohi karena Malteng merupakan Kabupaten tertua di Maluku dan harus di lakukan sebagai bentuk apresiasi kita kepada seluruh kabupaten dan kota.

Demikian dikatakan Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Watubun pada wartawan di ruang kerjanya di Ambon, Selasa (15/08/2023).

Maluku ini kata Benhur daerah pulau-pulau dan pemikiran untuk melaksanakan paripurna ini sebenarnya sudah berlangsung lama, dan oleh rekan-rekan anggota DPRD juga menyampaikan bahwa itu pemikiran yang berasal dari Pak Murad Ismail dan Pak Lucky Wattimury sebelumnya, bahwa untuk pelaksanaan paripurna tersebut di tahun 2023 ini bertempat di Kota Masohi.

Pertimbangannya adalah kita ingin melihat seluruh provinsi di seluruh kabupaten dan kota dalam satu kesatuan, sehingga secara berturut-turut kita bisa melaksanakan paripurna tersebut.

Misalkan: paripurna HUT Provinsi Maluku tahun 2023 di Masohi Maluku Tengah, kemudian tahun 2024 di Maluku Tenggara, sampai pada kabupaten/kota yang baru terbentuk.

Dikatakan, ini mengandung maksud bahwa kita ingin melihat Maluku ini secara utuh. Misalkan: ke depan kita akan lakukan Paripurna peringatan HUT Provinsi Maluku di Tiakur, Ibu Kota Kabupaten Maluku Barat Daya.

Itu adalah sebuah langkah maju agar supaya kita juga melihat perkembangan-perkembangan suatu daerah itu seperti apa.

Dengan begitu, kata Watubun, semua yang kita lakukan dalam rangka menyukseskan dan mendukung proses itu akan dilakukan secara baik.

Tujuannya agar potret kemiskinan yang ada di Provinsi Maluku dapat dilihat secara utuh.

“Dengan begitu maka, kita akan terdorong dengan sikap-sikap politik DPRD kedepan supaya proses menetapkan wilayah-wilayah di Provinsi Maluku, untuk pemantapan intervensi kebijakan harus kita lihat secara utuh,” ungkapnya.

Siapa tahu jika dilakukan paripurna di daerah lain yang kesiapannya belum baik, kantornya belum representatif atau seperti apakah, maka DPRD akan dorong dan melihat secara dekat potret kemiskinan Itu.

Ini sebenarnya usul saran yang sudah diproses dengan pemaknaan yang cukup lama sejak sebelum proses pelaksanaan LPJ kemudian sesudah LPJ.

DPRD Maluku akan membuat terobosan ini untuk melihat bagaimana potret 78 tahun umur Provinsi Maluku yang hampir sama dengan umur Negara Indonesia.

“Ini kira-kira yang menjadi satu dasar pertimbangan untuk kita laksanakan paripurna di Masohi, dan kami berharap dukungan dari seluruh masyarakat Maluku untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ucap Benhur.

Untuk proses ini sudah dipublikasikan setelah rapat Ketua-ketua Fraksi dan dilakukan finalisasi.

“Kita sudah kirim tim ke Maluku Tengah untuk berproses dan hasilnya adalah Pemkab Maluku Tengah menyambut baik, sehingga kita juga harus menghargai itu dan memili melaksanakan paripurna di Masohi,” katanya.

Ketua DPRD Maluku berharap Gubernur Maluku bisa hadir di Masohi untuk menyampaikan pidatonya kepada seluruh rakyat Maluku.

Untuk HUT Provinsi tahun depan dipastikan dilaksanakan di Kabupaten Maluku Tenggara karena juga termasuk Kabupaten yang tertua saat berdirinya Provinsi Maluku, termasuk juga Kota Ambon,” tutup Banhur Watubun yang juga sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku itu. (**)

Tidak ada komentar