Breaking News

Marasabessy Kembali Diusulkan Sebagai Calon Penjabat Bupati Malteng

Masohi, CahayaLensa.Com- DPRD Maluku Tengah melalui delapan fraksi yang ada telah menetapkan tiga nama untuk diusulkan sebagai calon penjabat bupati Maluku Tengah untuk periode 2023-2024 kepada Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Wakil Ketua DPRD Maluku Tengah, Herry Men Carl Haurissa, setelah memimpin langsung rapat paripurna pengusulan nama calon penjabat bupati di ruang rapat DPRD Maluku Tengah pada Jumat, 4 Agustus 2023, menjelaskan kepada sejumlah wartawan mengenai tiga nama yang telah ditetapkan dan akan segera dikirimkan kepada Mendagri.

Haurissa menjelaskan bahwa hasil voting dari delapan fraksi yang hadir dalam paripurna tersebut menghasilkan tiga nama yang muncul sebagai pilihan utama. Ketiga nama tersebut adalah Muhamat Marasabessy, yang saat ini menjabat sebagai bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa, Sekretaris Daerah Maluku Tengah, dan Bob Rahmat, Kepala Bapedda Maluku Tengah.

Ketiga nama tersebut unggul dari tiga nama lain yang juga masuk dalam daftar calon penjabat bupati, yaitu Jais Elly, Melky Lohi, dan Ismail Usemahu. Nama-nama yang telah ditetapkan untuk diusulkan kepada Mendagri akan segera dikirimkan bersama berkas pendukungnya.

Dari delapan fraksi di DPRD Maluku Tengah yang terlibat dalam proses voting tersebut adalah fraksi Nasdem, fraksi PDIP, fraksi Gerindra, fraksi Golkar, fraksi PKB, fraksi Demokrat, fraksi Hanura Perindo, dan fraksi PKS PSI-PPP.

Haurissa menekankan bahwa DPRD Maluku Tengah tidak memiliki wewenang untuk menentukan siapa yang akan menjadi calon penjabat bupati, karena tugas DPRD hanya sebatas mengusulkan tiga nama sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Terdapat pula usulan nama-nama lain yang diberikan oleh pemerintah provinsi, termasuk juga oleh Kementerian Dalam Negeri, yang akan memilih salah satu dari tiga nama tersebut.

Seperti yang diketahui, masa jabatan Muhamat Marasabessy sebagai Penjabat Bupati Maluku Tengah akan berakhir pada September 2023 mendatang. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengusulan nama calon penjabat bupati Maluku Tengah untuk periode 2023-2024 kepada Mendagri. (**)

Tidak ada komentar