Breaking News

DPRD Maluku Tengah Harapkan Jembatan Kawanua Dapat Segera Diperbaiki


Masohi, CahayaLensa.Com- DPRD Maluku Tengah mengharapkan perbaikan jembatan Kawanua yang terputus dapat segera diperbaiki. Saat kunjungan bersama dengan tim dari dinas PU Maluku Tengah dan kepala Balai Jalan provinsi Maluku di kecamatan Tehoru.


Ketua komisi III DPRD Maluku Tengah, Sahbudin Hayoto, dalam kunjungan langsung kepada tim DMS Media Group, menyatakan bahwa DPRD Maluku Tengah memberikan perhatian serius terhadap persoalan ini karena jembatan Kawanua merupakan salah satu akses jalan yang menghubungkan beberapa wilayah di pulau Seram.


Kunjungan langsung tersebut dilakukan oleh Ketua Komisi III bersama dengan kepala Balai Jalan provinsi untuk melihat langsung kondisi terkini jembatan Kawanua yang terputus akibat derasnya arus air sungai yang menyebabkan dua bentangan jembatan Kawanua ambruk.


Saat ini, hanya tersisa sebagian badan jembatan dari dua arah, sementara seluruh bagian tengah jembatan terputus karena terseret arus air sungai yang deras akibat tingginya curah hujan.


Melalui tinjauan langsung yang dilakukan oleh Ketua Komisi III DPRD Maluku Tengah dan kunjungan Kepala Balai Jalan provinsi, diharapkan proses perbaikan jembatan Kawanua dapat dipercepat untuk melancarkan rutinitas transportasi antara dua kabupaten di pulau Seram.


Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas PUPR Maluku Tengah, Hasan Firdaus, menjelaskan bahwa jembatan Kawanua memiliki bentang sekitar 640 meter, sementara yang terputus adalah dua bentangan dengan panjang 120 meter.


Perbaikan jembatan Kawanua saat ini menjadi kewenangan Balai Jalan provinsi, namun Dinas PU kabupaten Maluku Tengah tetap akan melakukan koordinasi bersama, sesuai dengan arahan penjabat bupati. Kedepannya, perlu adanya langkah antisipasi dengan membuat program khusus seperti susur sungai untuk menghadapi musim penghujan.


Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku, S. Bambang Widyarta, menjelaskan bahwa pembangunan kembali membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, untuk saat ini akan dibangun jembatan darurat sementara agar dapat digunakan oleh para pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.


Ia berharap dalam beberapa hari ke depan, hujan dapat mereda sehingga tim dapat segera bekerja membangun jembatan darurat di sekitar lokasi yang sama, mengingat arus air sungai saat ini cukup deras.


Seperti yang diketahui, hujan deras mengguyur wilayah Seram Maluku Tengah menyebabkan jembatan terpanjang di Negeri Saunulu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah roboh pada Senin dini hari, 10 Juli 2023. Hal ini mengakibatkan terputusnya jalur transportasi yang menghubungkan Maluku Tengah dan Seram bagian Timur. (**)

Tidak ada komentar