Breaking News

Jajaki Kerjasama, Pemda Maluku Tengah Adakan Pertemuan Dengan PT. Comextra Majora

Masohi, CahayaLensa.Com– Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah mengadakan pertemuan dengan perusahaan pengelola hasil bumi PT. Comextra Majora pada Jumat, 14 Juli 2023, dalam rangka menjalin kerjasama dengan petani komoditas jambu mete.


Penjabat Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy, saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, menjelaskan bahwa PT. Comextra Majora adalah perusahaan yang bergerak di sektor hasil bumi, baik untuk ekspor maupun produk lokal.


Penjajakan kerjasama antara PT. Comextra Majora dengan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah saat ini berfokus pada pengembangan tanaman komoditas jambu mete bibit unggul kepada para petani di wilayah Maluku Tengah.


Marasabessy menyatakan bahwa jika kerjasama ini dapat dilaksanakan sesuai rencana, pihak perusahaan akan menyediakan bibit jambu mete sekaligus memfasilitasi pendampingan dalam penanaman dan perawatan.


Para petani jambu mete juga dipastikan akan semakin mudah menjual hasil panen mereka, karena perusahaan berjanji akan menyiapkan pasar pembelian sehingga hasil panen para petani dapat langsung dijual ke perusahaan.


Marasabessy mengatakan bahwa berdasarkan penjelasan dari PT. Comextra Majora, diperkirakan pada bulan Januari hingga Februari akan segera dilakukan distribusi bibit jambu mete unggul ke Maluku Tengah, untuk diberikan kepada petani yang memiliki lahan kosong untuk ditanami bibit jambu mete.


Marasabessy berharap kerjasama ini akan meningkatkan tingkat ekonomi masyarakat, terutama petani jambu mete di Maluku Tengah. Hal ini sesuai dengan program pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam membentuk ekosistem usaha.


Sementara itu, Direktur Utama PT. Comextra Majora, Jimmy Wisan, menyatakan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk membantu petani dalam meningkatkan produktivitas jambu mete sehingga dapat menghasilkan produk berkualitas.


Selama ini produktivitas jambu mete menurun karena rendahnya proses perawatan pohon oleh petani. Oleh karena itu, pihak perusahaan akan memberikan pendampingan agar terjadi peningkatan produktivitas hasil panen yang diperoleh petani jambu mete.


Ia memastikan bahwa pihaknya akan mendistribusikan bibit unggul untuk dikembangkan di wilayah Maluku Tengah sesuai dengan kebutuhan petani. Selain itu, pemerintah daerah diharapkan segera menyiapkan lahan kosong agar dapat digarap oleh masyarakat setempat.


Menurut Jimmy Wisan, pembukaan perusahaan cabang di Maluku Tengah akan memungkinkan petani jambu mete di wilayah tersebut untuk menghasilkan maksimal 15 ribu ton. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama semua pihak dalam pengembangan komoditas jambu mete unggul di Maluku Tengah.


Penjajakan kerjasama ini ditandai dengan pertemuan antara Penjabat Bupati Muhamat Marasabessy dan Direktur Utama PT. Comextra Majora, Jimmy Wisan, di Kota Masohi pada Jumat, 14 Juli 2023.


Turut hadir dalam pertemuan tersebut Forkopimda Maluku Tengah, Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy, Direktur Utama PT. Comextra Majora Jimmy Wisan, Ketua Tim Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Sekretaris Daerah Rakib Sahubawa, serta para asisten Setda, camat, para raja, dan pimpinan OPD Kabupaten Maluku Tengah. (**)

Tidak ada komentar