Breaking News

Pemerintah Kota Ambon Salurkan 70 Hewan Kurban

Ambon, CahayaLensa.Com- Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon Selasa 27 Juni 2023 bertempat di halaman Balai Kota Ambon, menyalurkan 70 ekor hewan kurban dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha. 

70 hewan kurban itu terdiri dari 35 ekor sapi dan 35 kambing yang diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena.

Dirinya menuturkan, Pemkot Ambon setiap tahun berpartisipasi melaksanakan pembagian hewan kurban untuk disalurkan kepada kelompok masyarakat, baik di masjid, kelembagaan, maupun lingkungan yang telah membentuk kepanitiaan dan mengajukan permohonan.

"Mengingat sasaran penyaluran hewan kurban adalah untuk membantu fakir miskin dan kaum duafa dan masyarakat tidak mampu maka pemkot tetap berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan keagamaan khususnya pembagian hewan kurban," katanya.

Menurutnya, perstiwa bersejarah ibadah kurban, mengajarkan kepada semua bahwa jabatan kedudukan, harta benda harga diri dan profesi termasuk mentalitas korup dan keserakahan manusia hanya mementingkan ego dan kepentingan pribadi. Oleh karena itu sifat-sifat demikian harus ‘dikurbankan’ sebagai wujud keimanan dan ketaqwaan.

“Inilah makna dan harapan penting dari Idul Adha atau Idul Qurban, yakni tumbuhnya kesadaran dan kesediaan berkurban dalam konteks sosial yang lebih luas, kapanpun dan dimanapun kita berada, harus siap dan rela memberikan pengorbanan yang tulus demi kemaslahatan bersama,” ungkapnya.

Semwntara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kota Ambon, Fenly Masawoy dalam laporannya mengungkapkan jumlah permohonan hewan kurban selalu meningkat tiap tahunnya.

"Tahun ini ada 86 proposal permohonan bantuan hewan kurban yang masuk, namun hanya 70 yang sehat dan telah melalui pemerikasaan kesehatan serta memenuhi syarat dijadikan hewan kurban sesuai syarat Islam,"bebernya.

Sekedar tahu, penyerahan hewan kurban dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama RI Kota Ambon, Ketua MUI Kota Ambon, serta pimpinan OPD lingkup Pemkot. (**)

Tidak ada komentar