Breaking News

Kecamatan Banda Raih Juara Umum MTQ Malteng 2021

Masohi, cahayalensa. Com-Pagelara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  XXIX  Maluku Tengah, resmi  ditutup, Rabu (08/12) malam. Kafilah, Kecamatan Banda berhasil menjadi juara umum serta berhap membawa puluang piala bergirlir.

MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Maluku Tengah yang digelar di kota Masohi 4-8 Desember 2021.

Pagelara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  XXIX  Maluku Tengah, resmi  ditutup, Rabu (08/12) malam. Kafilah, Kecamatan Banda berhasil menjadi juara umum serta berhap membawa puluang piala bergirlir.

MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Maluku Tengah yang digelar di kota Masohi 4-8 Desember 2021.

Pagelaran yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi Qur’ani yang Cerdas, Sehat dan Berakhlakul Karimah Menuju Maluku Tengah yang Maju, Aman dan Bermartabat” di Tutup  oleh Ketua DPRD  Maluku Tengah Fatzah Tuankotta di Baileo Soekarno Kota Masohi.

Kemengan Kafilah asal bumi penghasil Palla di ajang MTQ ke -29  ini, menambah koleksi rekor juara umum untuk yang ke-enam kalinya sepanjang perhelatan MTQ tingkat kabupaten di gelar di Bumi Pamahanu Nusa.

Dari tujuh cabang yang diperlombakan yaitu seni membaca Alquran, hafalan Alquran, syahril Alquran, hifzil Alquran, fahmil Alquran, qiraat Alquran dan karya tulis ilmiah Alquran, kontingen Kecamatan Banda berhasil mengantongi 11 juara I dari tujuh kategori lomba dan berhasil membawa pulang piala bergilir .

Ketua DPRD Maluku Tengah, Fatzah Tuankotta menyampaikan apresiasinya atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ. Ini yang merupakan salah satu upaya membangun generasi Qurani di Maluku Tengah.

Dikatakan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran merupakan wahana pengembangan tilawah serta pendalaman hafalan Al-Quran. Ditegaskan agar upaya yang dilakukan dapat memberikan pengaruh yang positif, dan dapat dirasakan secara nyata dan terukur dalam kehidupan .

ia juga mengucapkan selamat kepada para Qori Dan Qoriah yang meraih juara. Dirinya berharap agar dapat mempertahankan prestasi yang diraih dan bagi yang belum juara agar tidak berkecil hati.

Di akhir sambutan, Tuankota mengingatkan peserta yang telah mengikuti MTQ ini agar terus memiliki niat ikhlas dalam meningkatkan iman terhadap kitab suci Al Quran.

Ketua LPTQ Maluku Tengah, Muhamat Pattimura menjelaskan MTQ tahun 2021 diikuti 16 kecamatan. Terdiri dari 407 orang peserta, meliputi 211 pria dan 196 perempuan.



MTQ XXIX melombakan tujuh cabang. Yakni seni membaca Alquran, hsfalan Alquran, syahril Alquran, hifzil Alquran, fahmil Alquran, qiraat Alquran dan karya tulis ilmiah Alquran.

Dewan hakim sebanyak 48 orang. Di antaranya 7 dewan hakim dari provinsi Maluku berlisensi nasional.

Pattimura  mengatakan, berbagai cabang yang lombakan merupakan ekspresi kecintaan terhadap Alquran sebagai pedoman dan petunjuk bagi umat manusia.

MTQ ke-30 tahun 2023 akan berlangsung di Leihitu Barat. Kecamatan Leihitu Barat sebagai tuan rumah hasil kesepakatan seluruh kecamatan.

Dia berharap MTQ ini menjadi sumber kesejukan untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah, terus kembangkan sebagai edukasi generasi Islam di negeri-negeri, desa, dusun dan kecamatan di Maluku Tengah.

Hadir pada acara poenutupan MTQ XXIX antara lain  pimpinan bersama anggota DPRD Maluku Tengah, Forkopimda, pimpinan BRI, BNI, BPDM  Maluku Maluku Utara serta seluruh kepala kecamatan se Kabupaten Maluku Tengah. (**/cl)

Tidak ada komentar