Breaking News

Dampak Gempa Maluku Tengah, Puluhan Rumah Di Sawai Dan Sekitar Rusak




Ambon, Cahayalensa. Com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah mencatat sebanyak 26 unit rumah warga rusak pasca gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,9 yang menguncang wilayah Maluku Tengah, Provinsi Maluku, pada Kamis (4/11), pukul 09.42 WIB.

Kepala kantor BPBD Maluku tengah  Abdul Latif key menyebutkan tingkat kerusakan dan dampak yang ditimbulkan masih dalam pendataan pihak BPBD di lapangan.

Perkembangan situasi pascah gempa, Kamis, (4/11), untuk sementara jumlah rumah rusak yang dicatat BBD Maluku Tengah yakni Di desa Sawai terdapat 17 unit rumah rusak, 15 diantarnaya rusak ringan dan dua rusak berat. Desa Rumah Olat 4 unit rusak ringan, Desa Holong (1) satu unit rusak ringan, Desa Besi (4) unit rusak ringan dan Desa Masiulan (1) unit rusak ringan.

Selain rumah rusak terdapat juga satu unit sarana umum, Masjid dan Sekolah di Desa Sawai dindingnya mengalami keretakan.

Dikatakan percepatan penanganan bencana gempa bumi, BPBD Kabupaten Maluku Tengah, mendistribusikan bantuan berupa tenda dan alat masak serta peralatan tidur bagi dua kepala keluarga di Desa Sawai yang rumahnya mengalami rusak berat.

BPBD Maluku Tengah berasama Instansi terkait akan melakukan peninjauan dilapangan  melihat langsung dampak dari kerusakan akibat gemap dan selanjutnya dilaporkan ke Jakarta.

Diketahui gempa bumi tektonik dengan magnitudo (M) 5,9 terjadi di Maluku Tengah, Provinsi  Maluku, pada Kmais (04/11) Siang.

Pusat gempa berada di koordinat 2,81 Lintang Selatan (LS) dan 129,34 Bujur Timur (BT) atau pada 69 km timur laut Maluku Tengah.

Florendina Staf BMG Stasiun Meteorologi Amahai, menjelaskan berdasarkan pemodelan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dirasakan kuat di Desa Sawai, Pulau Seram, Maluku Tengah, Maluku.

Penyebabnya akibat aktivitas sesar naik Seram Utara (North Seram Thrust).

Di Desa Sawai gempa dirasakan dalam skala V MMI (Modified Mercalli Intensity). Selain itu, gempa dirasakan dalam skala IV MMI di Desa Wahai,

Insert Florendina Staf BMKG Stasiun Meteorologi Amahai

Di pulau Ambon gempa dirasakan dalam skala III MMI di Ambon, Masohi, dan Saparua. Skala III MMI

Gempa M 5,9 terjadi di Maluku Tengah pada pukul 09.42 WIB, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.Masyarakat juga diminta tidak mempercayai berita hoaks terkait dengan gempa tersebut. (dms/cl) 

Tidak ada komentar