Breaking News

Tim Gugus Tugas COVID-19 Malteng Lakukan Penyemprotan Disinfektan



Masohi, Cahayalensa.com-Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid -19 Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di kawasan pasar,pertokoan dan sejumlah ruas jalan utama.

Penyemprotan dengan menggunakan mobil water canon ini disertai dengan penyuluhan dari Binmas Polres Maluku Tengah yang memberikan sosialisasi dan imbauan terhadap masyarakat melalui pengeras suara.

Kapolres Maluku Tengah AKBP Hendrik Purwono Selaku Pengarah Satgas saat kepada media Kamis, 27 Maret 2020 menjelaskan, penyemprotan ini akan dilakukan secara kontinyu baik siang maupun malam hari, namun pada malam hari akan digunakan dengan cara manual karena para petugas harus menjangkau hingga ke pemukiman warga yang cenderung padat dan memiliki jalan yang sempit.

Purwono menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas di luar rumah yang dinilai tidak terlalu penting .

Ia menegaskan, pihaknya juga tidak memberikan izin untuk melaksanakan acara pernikahan, seminar atau acara apapun yang melibatkan orang banyak untuk berkumpul dalam satu waktu dan tempat yang sama. Jika masih ada ditemukan di lapangan maka pihak kepolisian tidak akan segan-segan untuk membubarkan.

“Terkait penyemprotan disinfektan ini tidak hanya hari ini saja namun akan berlanjut nanti malam, tinggal menunggu waktunya begitu juga pada seluruh kecamatan yang ada di Maluku Tengah secara bertahap” ungkap Hendrik Purwono.

Sementara itu Kepala Badan Penangulangan Bencana (BPBD) Maluku Tengah Bob Rachmat selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan, semua cara akan terus dilakukan untuk pencegahan penularan Covid – 19 di kabupaten Maluku Tengah, akan tetapi semua itu kembali ke kesadaran diri masing – masing untuk mendukung setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah.


 Rachmat juga meminta kepada para pengusaha yang memiliki kafe yang merupakan tempat berkumpulnya banyak orang agar sementara waktu menutup walaupun belum ada himbauan resmi dari pemerintah.

“Apa yang bisa dilakukan tentu kita lakukan, dari beberapa daerah bisa mencontohkan juga bahwa penanganan virus corona ini bisa dicegah dengan cara yang sederhana, asal masyarakat bisa bekerja sama”ujar

Lebih lanjut dikatakannya, butuh kerjasama yang baik diantara pemerintah dan masyarakat dalam penanganan penularan Covid – 19. (cl/**)

Tidak ada komentar